Kota Manado memang masih belum setenar kota Bandung, Bali, Lombok dalam tujuan tempat wisata. padahal  Ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara ini, terkenal memiliki aneka destinasi yang masih belum banyak terjamah oleh manusia, beberapa destinasi masih terjaga sekali keasriannya, selain tempat-tempat wisatanya Manado juga memiliki wisata kuliner hingga peninggalan sejarahnya.

berikut ini adalah beberapa destinasi Tempat wisata  yang bisa membuat anda ingin kembali  ke Manado karena keindahannya yang membuat candu.

Tempat Wisata Hidden gem di Manado

  • Taman Hutan Raya Gunung Tumpa

    Taman Hutan Raya Gunung Tumpa merupakan kawasan konservasi hutan lindung yang terletak di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara. Taman Hutan Raya Gunung Tumpa menjadi salah satu wisata alam yang menarik. Selain hutan raya, pengunjung dapat melihat indahnya hamparan luas laut Sulawesi serta pulau-pulau yang sudah banyak di kenal bahkan sampai ke MancaNegara. Seperti Pulau Manado Tua, Bunaken, Siladen, Nain dan Pulau Lihaga yang terlihat sangat cantil.Orang-orang biasa menjuluki tempat ini sebagai ‘Surga Cinta dari Utara’ karena pemandangannya yang memanjakan mata.

Masuk ke Tahura disini Kalian dapat melihat hewan-hewan seperti rusa dan tarsius tetapi hanya pada waktu tertentu saja mereka bisa menampakan dirinya, terdapat juga Paralayang spot dan sudah pernah di adakan berbagai acara Paragliding di tempat ini.

  • Pulau Manado Tua

    Taman laut di Pulau Manado Tua terkenal begitu indah,Pulau ini terletak tidak jauh dari Kota Manado dan masih merupakan gugusan dari Taman Nasional Bunaken. Pulau Manado Tua hanya berjarak 1 mil dari Kota Manado dan hanya memerlukan 1 jam perjalanan dari Pelabuhan Manado.

Pulau Manado Tua memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dari pulau-pulau lain yaitu ada daratan yang berbentuk gunung yang berdiri kokoh dengan ketinggian 655 meter di atas permukaan laut,uniknya lagi di bawah laut ada terdapat gunung berapi yang masih aktif dan berada di kedalaman 150 meter. Jika anda berlibur ke Pulau Manado Tua ini anda tak bisa menginap disini hal ini dikarenakan tidak adanya cottage, tetapi jangan khawatir anda bisa saja menginap di Pulau Siladen atau Pulau Bunaken.

  • Pulau Wisata Siladen

    Pulau Siladen masih terletak dalam kawasan Taman Nasional Bunaken, daratan yang rata dan bentuk pulau yang bundar,di tambah pasirnya yang putih lengkap dengan terumbu karang dan ikan-ikan yang indah. wisatawan juga bisa snorkeling, diving, berenang, berkeliling pantai, berjemur di pantainya, atau hanya sebatas menikmati kuliner. Untuk mencapai pulau ini.
    Bagi Anda yang ingin menuju pulau ini, Anda dapat berangkat naik kapal dari Pelabuhan Manado dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit saja.

  • Pulau Wisata Nain

    Pulau Nain berada masih kedalam kawasan Taman Nasional Bunaken,dikenal dengan wisata baharinya yang mempesona, Keindahannya bahkan bisa membuat pengunjung tak henti-hentinya datang kembali kesini. Selain keindahan wisata baharinya, Pulau Nain juga memiliki daya tarik tersendiri yaitu fenomena pasir timbul di sekitar pulaunya. Pasir timbul ini menjadi unik, karena hanya dapat Anda lihat ketika air laut sedang surut. kamu juga akan menemukan pasir putih cantik yang menyembul ke permukaan seolah-olah membentuk pulau tersendiri.
    Sayangnya, fenomena pasir timbul hanya dapat kamu temukan saat laut surut dan pada musim bulan terang.
    Bagi yang ingin merasakan pengalaman menikmati pasir timbul dan keindahan Pulau Nain, maka waktu yang di tempuh yaitu kurang dari 1 jam saja Dari Pulau Bunaken. Di Pulau Nain kamu dapat menikmati pemandangan dari batu karang dan ikan-ikan lucu di tengah laut dengan snorKeling atau diving. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pulau ini adalah pada pagi hari ketika matahari belum terasa terik. Atau di saat musim panas, serta pada waktu bulan terang di ketika air laut sedang surut.

  • Pulau Wisata Lihaga

    Pulau ini merupakan Pulau yang tak berpenghuni sehingga keasrian pulau ini sangat amat masih terjaga, laut di sekitar pulau ini relatif berombak tenang di tambah airnya yang jernih dan berwarna tosca ditambah pemandangan yang bikin takjub menjadikan banyak pengunjung yang jatuh cinta dan ingin kembali lagi untuk datang kesini, orang-orang biasa menyebut Pulau ini Adalah “Pulau serpihan surga dari Minahasa Utara”. Untuk mencapai tempat wisata ini juga tidak begitu sulit karena bisa menggunakan kapal bermotor dari Pelabuhan Serei Manado dengan waktu yang du tempuh kurang lebih 90 menit.

  • Tangkoko National Park

    Berwisata alam saja nampaknya lebih kumplit jika sekaligus berwisata penghuninya juga dong,nah Tempat Wisata satu ini dapat mejadi rekomendasi bagi kalian loh, karena tempat ini di jadikan tempat tinggal kedua bagi hewan – hewan lokal , dalam upaya mengurangi kepunahan Akibat pemburuan dan kerusakan lingkungan yang ada.

    Untuk lebih mengerti hewan apa saja yang menjadi tinggal di tempat ini kalian bisa mengunjungi langsung kesinii. Selain dapat menambah pengetahuan kalian dapat juga ikut serta membantu dan mendukung kegiatan di tempat ini nantinya

  • Pantai Abadi

    Kenapa tempat ini di sebut dengan Pantai Abadi?  Seba dari dulu hingga saat ini tidak ada perubahan tetap sama dan terawat. Maka dari itu kata abadi sudah tersematkan sendiri pada tempat ini.

    Salah satu tempat Wisata di Manado yang menarik dan layak untuk Anda kunjungi .Tempat ini bisa di katakan masih terawat ke lestariannya mengingat tidak banyak orang yang mengetahuinya. Mungkin salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah akses tempat ini yang kurang di ketahui oleh pengunjung. Tempat ini termasuk kedalam tempat hidden gem di Manado, bagi kalian yang menyukai tempat – tempat tidak ramai orang tempat ini cocok untuk  kalian kunjungi.

Sumber : https://www.celebes.co/tempat-wisata-manado

Baca juga : 10 Tempat Wisata Hits di Majalengka