Makanan Khas Manado Halal Untuk Wisatawan Muslim – Makanan khas Manado biasanya terkenal dengan kulinernya yang ekstrem. Kamu bisa menemukan berbagai daging yang tidak wajar dijajakan di pasar tradisional, seperti tikus, kucing hingga anjing. Hal ini membuat muslim traveler jadi keder saat akan berkunjung ke Manado.

Padahal sebenarnya, di Manado juga punya banyak makanan halal yang terkenal lezat. Sebut saja sambal roa, tinutuan atau gohu. Semua makanan ini terbuat dari bahan yang aman untuk turis yang beragama Islam. Jadi nggak perlu khawatir lagi.

Berikut Makanan Khas Manado Halal Untuk Wisatawan Muslim

Kalau kamu masih bingung, berikut rangkuman daftar makanan khas Manado yang halal. Kamu bisa langsung mencari menu ini saat sedang liburan ke daerah Manado.

1. Cakalang Fufu cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga

Nama makanan khas Manado ini memang terdengar lucu dan menggemaskan. Cakalang fufu merupakan olahan ikan cakalang yang proses memasaknya dengan cara “fufu” atau diasapi. Makanan ini termasuk yang terkenal di Manado dan sering dijadikan oleh-oleh.

Kamu bisa mengonsumsinya langsung, tapi biasanya diolah lagi menjadi makanan lain seperti cakalang fufu santan atau cakalang fufu saus. Banyak warung yang menjual menu ini sehingga kamu mudah menemukannya. Karena kering, kuliner ini aman untuk buah tangan dan bisa dimasukkan ke bagasi dengan mudah.

Baca Juga : 5 Destinasi Wisata Di Padang Dan Sekitarnya

2. Tinutuan alias bubur Manado yang gurih banget

Tinutuan adalah salah satu daftar makanan khas Manado paling enak. Makanan ini berupa bubur yang terbuat dari campuran beras dan labu kuning sehingga warnanya jadi kekuningan. Dipadukan dengan lauk lainnya, kuliner ini paling cocok disantap saat sarapan.

Kalau kamu menginap di hotel yang ada di Manado, pasti menu ini selalu ada saat breakfast. Dengan tambahan sayuran hijau dan ikan, makanan ini bergizi tinggi sehingga bisa membuatmu semakin sehat.

3. Sambal Roa yang terbuat dari ikan jadi favorit banyak orang

Sambal Roa adalah makanan khas Manado paling enak dan terkenal. Terbuat dari cabai yang dicampur dengan ikan roa (sejenis ikan terbang), rasa makanan ini terasa sedap. Apalagi jika disantap dengan nasi putih hangat.

Sebelum diolah, ikan ini dikeringkan terlebih dahulu lalu diasap agar awet dan tahan lama. Selanjutnya, ikan ditumbuk kasar hingga berbentuk serpihan dan dimasak dengan minyak dan cabai. Karena proses memasaknya cukup lama, sambal ini bisa tahan hingga beberapa hari tanpa harus masuk kulkas.

4. Woku Blanga makin sedap karena dimasak dalam belanga tanah liat

Woku Blanga adalah daftar makanan khas Manado paling enak yang wajib dicoba. Terbuat dari ikan, makanan ini sangat sehat dan bergizi tinggi. Apalagi cara memasaknya masih tradisional banget dengan menggunakan Belanga tanah liat.

Ikan yang biasa digunakan untuk masakan ini adalah ikan nila, ikan kerapu, ikan mas, udang, dan juga kepiting. Bahan dasar tersebut lalu di masak dengan menggunakan bumbu khusus yang terbuat dari rempah-rempah pilihan. Kamu pasti tidak akan menyesal setelah mencobanya di suapan pertama.

5. Dabu-dabu jadi teman makan ikan favorit para pecinta pedas

Makan ikan paling lezat jika dipadukan dengan dabu-dabu. Sejenis sambal asal Manado ini memang terkenal lezat dan menyegarkan. Bahan dasarnya terbuat dari cabai, tomat dan rempah lainnya. Meski biasanya kita sering menemukan dabu-dabu kuah, sebenarnya sambal ini punya banyak varian.

Sambal ini terkenal dengan rasanya yang sangat pedas, jika kamu tidak terlalu kuat makan pedas lebih baik ambil sedikit saja. Makan dengan nasi dan ikan, akan semakin lengkap jika ditambah dengan sambal dabu-dabu.

6. Nasi Kuning Saroja khas Manado yang nampol banget

Makanan khas Manado ini berbeda dengan nasi kuning di daerah lainnya. Nasi kuning Saroja disajikan dalam daun woka atau sejenis janur yang lebar. Selain pembungkusnya yang berbeda, lauk pendampingnya juga lebih beragam.

Kamu bisa menemukan irisan ikan cakalang, olahan daging sapi, telur rebus, dan bumbu pelengkap lainnya. Sehingga rasanya berbeda dengan kuliner di Jawa. Nasi kuning ini bisa jadi alternatif untuk sarapan selain tinutuan yang sudah terkenal lebih dahulu.

7. Rica Rodo, kuliner sehat yang terbuat dari sayur

Nggak cuma makanan berbahan dasar ikan, di Manado juga ada kuliner sehat bernama Rica Rodo. Makanan ini terbuat dari sayuran hijau yang ditumis bersamaan. Biasanya bahan dasarnya berupa buncis, kacang panjang, dan juga terong.

Karena makanan khas Manado terkenal pedas, kuliner ini juga diberikan tambahan irisan cabai agar semakin mantap. Kamu bisa menyantapnya dengan nasi putih dan tambahan lauk sepeperti suwiran ikan tuna, tongkol atau cakalang. Bisa juga ditambah teri kecil yang digoreng garing.

8. Klapertaart, resep warisan Belanda dengan citarasa lokal

Kue warisan zaman Belanda ini punya citarasa yang unik. Perpaduan makanan khas Eropa dan Indonesia mebuat rasanya terasa semakin lezat. Dessert yang terbuat dari kelapa ini pun jadi favorit banyak orang termasuk yang ada di luar Manado.

Kini sudah banyak orang yang memodifikasinya dengan menambahkan topping tertentu seperti coklat, durian, keju, atau rasa lainnya. Klapertaart lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin. Jadi sebelum menyantapnya, kamu bisa menyimpannya di kulkas terlebih dahulu.

 

 

 

 

pariwisatapemalang.com